JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 4 No. 2 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Aplikasi Sensor Smartphone untuk Praktikum

Fiqry, Rizalul (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2021

Abstract

Persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan aplikasi sensor Smartphone sebagai media praktikum diungkap dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kajian deskriptif dengan dengan metode survey terhadap mahasiswa Pendidikan Fisika STKIP Taman Siswa Bima angkatan 2017 sebanyak 9 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang dibuat dengan Google Form. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) penyusunan instrumen angket Google Form, (2) angket kemudian diuji validitas dengan menggunakan pandangan ahli. (3) mengumpulkan data dengan angket yang telah divalidasi, (4) analisis data secara deskriptif. Dari penelitian dan analisis yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa aplikasi sensor Smartphone sudah dikenal oleh mahasiswa Pendidikan Fisika STKIP Taman Siswa Bima angkatan 2017. Aplikasi tersebut juga dirasa sangat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum secara mandiri. Selain itu, penggunaan aplikasi tersebut juga memiliki manfaatkan yang besar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa terutama pada masa pandemi Covid-19. Hanya saja, pemanfaatan aplikasi tersebut perlu diadakan pelatihan sebelumnya dan perlu dilengkapi dengan modul dan bahan ajar agar lebih mudah dipahami oleh mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...