JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 4 No. 2 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Pelabuhan Prodi S1 Teknik Sipil dan D3 Teknik Transportasi Jurusan Teknik Sipil Unesa selama Wabah Covid-19

Risdianto, Yogie (Unknown)
Andjani, Nur (Unknown)
Wulandari, Meity (Unknown)
Handayani, Krisna Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan metode pembelajaran secara online (daring) dan klasikal di era pandemi COVID-19 pada mata kuliah Pelabuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pola desain faktorial (Pola F). Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi yang berisi rangkaian soal dalam bentuk ujian UTS dan UAS. Subjek penelitian yaitu mahasiswa program studi D3 Teknik Sipil sebagai kelompok kemampuan awal rendah dan program studi S1 Teknik Sipil sebagai kelompok kemampuan awal tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata prestasi belajar mata kuliah pelabuhan dengan pembelajaran menggunakan media online pada siswa jenjang kemampuan awal tinggi adalah 71,64 sedangkan mahasiswa jenjang kemampuan awal rendah adalah 74,48. Nilai thitung= 1,145 < ttabel=2,010. Mahasiswa yang memiliki jenjang kemampuan awal tinggi memiliki nilai tes prestasi belajar mata kuliah pelabuhan yang lebih rendah, hal ini tidak terpengaruh oleh jenis media yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...