JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 4 No. 6 (2021): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Analisis Penggunaan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran

Aunurrahman, Aunurrahman (Unknown)
Rahman, Mifta (Unknown)
Purwaningsih, Dewi Ismu (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2021

Abstract

Aplikasi Google Classroom sebagai platform pembelajaran daring belum banyak digunakan oleh dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dosen mengenai penggunaan Google Classroom dan dukungan layanan internet dan listrik yang tersedia. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah dosen yang mengajar pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP-PGRI Pontianak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, yaitu kuesioner terbuka dan tertutup. Data yang telah terkumpul dianalisis dan disajikan dalam teks naratif dan tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Google Classsroom mudah untuk dipelajari dan digunakan serta terdapat fitur-fitur yang membantu dalam pelaksanaan langkah-langkah pembelajaran di kelas. Dukungan jaringan dan internet bagi bagi dosen untuk menggunakan aplikasi Google Classroom sangat baik. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menganalisis mahasiswa sebagai subjek penelitian sebagai bahan pertimbangan dalam penggunaan aplikasi sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...