JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 2 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Manajemen Pembiayaan Pendidikan yang Bersumber dari Masyarakat untuk Meningkatkan Kinerja Madrasah Aliyah di Kabupaten Bandung Barat

Maman, Ujang (Unknown)
Trisnamansyah, Sutaryat (Unknown)
Sulastini, Rita (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2022

Abstract

Pembiayaan merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan terlaksananya kegiatan di lembaga pendidikan yang selayaknya harus dikelola secara efektif, teratur dan terencana agar dapat dipergunakan secara benar, tepat sasaran, dan sesuai kebutuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami tentang perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, faktor pendukung dan faktor penghambat, serta solusi dalam manajemen pembiayaan pendidikan yang bersumber dari masyarakat di madrasah Aliyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembiayaan pendidikan yang bersumber dari masyarakat sering terkendala dengan permasalahan kurang transparansi para pengelola keuangan madrasah dalam manajemen keuangan madrasah dari mulai perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan evaluasi. Hal tersebut mengakibatkan partisipasi masyarakat dalam pendanaan pembiayaan pendidikan rendah, peran masyarakat perlu ditingkatkan dengan lebih banyak melibatkan masyarakat dalam proses manajemen pembiayaan sehingga peningkatan kinerja madrasah dapat terwujud dengan nyata.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...