Dampak Pandemi Covid-19 memiliki pengaruh terhadap seluruh dunia pendidikan termasuk Taman Kanak-kanak. Pembelajaran dilaksanakan dari rumah dengan didampingi orang tua masing – masing . Oleh sebab itu, Orang tua merupakan pendidik yang sangat berpengaruh dalam terciptanya pembelajaran dari rumah secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran orang tua dalam mengenalkan bilangan kepada anak pada saat pelaksanaan belajar dari rumah di Kecamatan Lengayang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei dan angket sebagai alat dalam pengumpul data. Responden dalam penelitian ini sebanyak 48 ibu dari tujuh Taman Kanak-kanak yang ada di Kecamatan Lengayang. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mendapatkan nilai rata-rata. Hasil analisis menunjukkan bahwa peran orang tua berada pada katergori berperan baik yaitu 64,54%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa orang tua melaksanakan perannya dengan baik dalam mengenalkan konsep bilangan pada pelaksanaan belajar dari rumah.Peranan orang tua yang optimal akan menjadikan pembelajaran di rumah menjadi lebih baik. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021