Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 17, No 2 (2020)

PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI

Putri, Sheila Pramesti (Unknown)
Listiana, Aan (Unknown)
Romadona, Nur Faizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial anak usia dini setelah penerapan dengan menggunakan metode proyek. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas A di PAUD Kinanti Desa Jayagiri Kecamatan Lembang Bandung Barat dengan jumlah 14 anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Hopkins, 1992. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu pada kondisi pra siklus 1 anak berada pada kategori Belum Berkembang (BB), 13 anak mendapatkan kategori Mulai Berkembang (MB), dan tidak ada anak pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) serta Berkembang Sangat Baik (BSB). Pada akhir siklus I sudah tidak ada anak pada kategori BB, 11 anak pada kategori MB, dan sudah mulai ada anak pada kategori BSH sebanyak 3 anak, akan tetapi belum ada anak pada kategori BSB. Lalu pada akhir siklus II, anak pada kategori MB sudah berkurang dan hanya tersisa 2 anak, 9 anak pada kategori BSH, dan 3 anak pada kategori BSB. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode proyek dapat meningkatkan keterampilan sosial anak dalam kegiatan pembelajaran di PAUD Kinanti. Rekomendasi bagi guru dan sekolah dari penelitian yang dilakukan hendaknya metode proyek dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan sosial anak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edukid

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Edukids bertujuan untuk memfasilitasi penyebaran penelitian tentang isu-isu yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini untuk menyelesaikan masalah dalam pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini berisi artikel penelitian yang diproses melalui blind peer review. Jurnal Edukids menerima ...