Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan pintar terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 anak terbagi dalam 2 kelompok yaitu kelompik B1 (kelas eksperimen) dan kelompok B2 (kelas kontrol) di TK Hang Tua Padang. Sampel dalam penelitian ini dilakukan di dua taman kanak-kanak dikota padang kecamatan Nanggalo. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan test dengan 10 butir item instrument pernyataan. Teknik analisis dengan cara membandingkan perbedaan dari dua rata-rata nilai, sehingga dilakukan uji t (t-tes) dengan bantuan program SPSS 22 for windows. Namun sebelumnya melakukan uji normalitas dan uji homogenitas terlebih dahulu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 5-6 tahun di Hang Tua Padang, yaitu dengan hasil Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh media papan pintar lebih efektif dalam mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Hang Tuah Padang.
Copyrights © 2021