MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS: DAMPAK PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL

Huda, Luluk Lailul (Unknown)
Masykur, Ruhban (Unknown)
Andriani, Siska (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2021

Abstract

Abstrak: Kemampuan berpikir kritis matematis sangat penting saat pembelajaran. Khususnya pada bidang geometri. Tujuan dalam penelitian ini mengetahui analisis  pengaruh pembelajaran Treffinger berbantuan media audio visual, terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimental Design, Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji Anova dan uji komparasi ganda menggunakan uji scheffe’. Pengambilan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu Cluster Random Sampling. Pengumpulan data penelitian ini yaitu :Wawancara, Observasi, Tes, Dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk tes.Untuk mengukur kemampuan berfikir kritis matematis. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Anova diperoleh nilai > =  artinya terdapat pengaruh pembelajaran treffinger berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis matemaris peserta didik. Adapun kesimpulan uji lanjut bahwa pembelajaran treffinger berbantuan media audio visual memberikan kemampuan berpikir kritis matematis yang lebih baik dibandingan dengan pembelajaran konvensional berbantuan media audio visual.  Kata kunci :Treffinger,  Audio Visual,  Kemampuan Berpikir Kritis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...