Abstrak: Kemampuan berpikir kritis matematis sangat penting saat pembelajaran. Khususnya pada bidang geometri. Tujuan dalam penelitian ini mengetahui analisis  pengaruh pembelajaran Treffinger berbantuan media audio visual, terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimental Design, Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji Anova dan uji komparasi ganda menggunakan uji scheffe’. Pengambilan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu Cluster Random Sampling. Pengumpulan data penelitian ini yaitu :Wawancara, Observasi, Tes, Dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk tes.Untuk mengukur kemampuan berfikir kritis matematis. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Anova diperoleh nilai > =  artinya terdapat pengaruh pembelajaran treffinger berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis matemaris peserta didik. Adapun kesimpulan uji lanjut bahwa pembelajaran treffinger berbantuan media audio visual memberikan kemampuan berpikir kritis matematis yang lebih baik dibandingan dengan pembelajaran konvensional berbantuan media audio visual.  Kata kunci :Treffinger,  Audio Visual,  Kemampuan Berpikir Kritis.
Copyrights © 2021