MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PEMODELAN MATEMATIKA SEDERHANA

Rahmat Fitra (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2021

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan-kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pemodelan matematika sederhana. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika semester V tahun 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah pemodelan matematika sederhana, kesalahan yang dilakukan mahasiswa adalah kesalahan konsep (73,3%), kesalahan prinsip (3%), kesalahan fakta (1,6%) dan kesalahan operasi (5,4%). Sedangkan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pemodelan matematika sederhana adalah karena kurangnya pengetahuan konsep dasar matematika mahasiswa, kurangnya pengetahuan mahasiswa memahami lambang (simbol) dan satuan dalam matematika, dan kurang telitinya mahasiswa dalam melakukan perhitungan. Adapun upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pemodelan matematika sederhana adalah: 1) penekanan pembelajaran pada konsep-konsep dasar matematika, 2) pengenalan lambang (simbol) serta satuan-satuan yang benar dan tepat, 3) pemberian soal latihan secara berulang, dan 4) penggunakan media pembelajaran yang tepat pada proses perkuliahan. Kata Kunci: Analisis, Kesalahan Mahasiswa, Pemodelan Matematika

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...