Abstrak: Matematika adalah salah pelajaran yang wajib dipelajari oleh siswa dari sekolah dasar hingga sekolah tinggi. Pembelajaran dilakukan dengan tatap muka antara guru dan siswa. Namun, kini berubah sejak adanya COVID-19 pada bulan Maret 2020. Proses pembelajaran dilaksanakan jarak jauh dengan menggunakan berbagai media yang mendukung pembelajaran online, salah satunya adalah Edmodo. Melalui Edmodo, guru diharapkan dapat membuat bahan ajar yang menarik untuk siswa, salah satunya dengan membuat Lembar Kerja Siswa (LKS). LKS dapat menjadi panduan untuk latihan pengembangan aspek kognitif maupun panduan untuk pengembangan semua aspek pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang valid, praktis, dan efektif melalui pembelajaran berbasis kontekstual sebagai bahan ajar daring menggunakan media Edmodo di SMA Harapan Medan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni pengembangan LKS berbasis kontekstual dengan mengacu pada model 4-D yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Temuan hasil penelitian diperoleh LKS telah memenuhi kriteria valid dan kepraktisan LKS disimpulkan berdasarkan pendapat ahli yang menyatakan LKS dapat digunakan dengan sedikit revisi dan respon siswa yang positif terhadap LKS. Keefektifan LKS berdasarkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada uji coba I sebesar 85,3% dan uji coba II sebesar 90% Kata-kata kunci: Lembar Kerja Siswa ; Kontekstual ; Edmodo
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021