Abstrak. Miskonsepsi adalah kesalah pahaman yang terjadi pada pemahaman konsep awal siswa. Miskonsepsi memiliki tiga jenis yaitu klasifikasional, korelasional, dan teoritikal. Dari hasil tes yang diberikan menunjukan bahwa kemampuan siswa masih dibawah rata-rata, dimana rata-rata yang ditetapkan sebesar 75. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa SMP terhadap materi bangun datar segiempat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sample berupa purposive sampling atau sample dengan tujuan yaitu mengelompokan siswa berdasarkan jenis miskonsepsinya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes uraian yang berisikan 3 soal untuk mengetahui jenis miskonsepsi yang terjadi pada siswa. Dimana dari 35 siswa terdapat 27 siswa mengalami miskonsepsi pada soal nomor 1 poin a, 16 siswa pada nomor 1 poin b, 29 siswa pada nomor 1 poin c, 32 siswa pada nomor 1 poin d, 20 siswa pada nomor 2, 22 siswa pada nomor 3 poin a, dan 22 siswa pada nomor 3 poin b.Kata kunci: Miskonsepsi, Siswa SMP, Bangun Datar, Segiempat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021