MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMP TERHADAP MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT

Fajarwati, Ade Nur (Unknown)
Hidayati, Nita (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2021

Abstract

Abstrak. Miskonsepsi adalah kesalah pahaman yang terjadi pada pemahaman konsep awal siswa. Miskonsepsi memiliki tiga jenis yaitu klasifikasional, korelasional, dan teoritikal. Dari hasil tes yang diberikan menunjukan bahwa kemampuan siswa masih dibawah rata-rata, dimana rata-rata yang ditetapkan sebesar 75. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa SMP terhadap materi bangun datar segiempat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan sample berupa purposive sampling atau sample dengan tujuan yaitu mengelompokan siswa berdasarkan jenis miskonsepsinya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes uraian yang berisikan 3 soal untuk mengetahui jenis miskonsepsi yang terjadi pada siswa. Dimana dari 35 siswa terdapat 27 siswa mengalami miskonsepsi pada soal nomor 1 poin a, 16 siswa pada nomor 1 poin b, 29 siswa pada nomor 1 poin c, 32 siswa pada nomor 1 poin d, 20 siswa pada nomor 2, 22 siswa pada nomor 3 poin a, dan 22 siswa pada nomor 3 poin b.Kata kunci: Miskonsepsi, Siswa SMP, Bangun Datar, Segiempat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...