MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2020): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS KESALAHAN SISWA SMADALAM MENJAWAB SOAL DIMENSI TIGA BERDASARKAN TEORI NEWMAN

Maulana, Farouq (Unknown)
Pujiastuti, Heni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2020

Abstract

Abstrak:Pemahaman konsep penting untuk ditanamkan kepada siswa SMA. Berdasarkan teori perkembangan kognitif menurut Jean Piaget, siswa seharusnya sudah masuk ke tahap operasional formal, yang mana siswa mampu berpikir secara abstrak. Penelitian ini ditujukan untuk menjabarkan kesalahan-kesalahan siswa SMA kelas XII dalam mengerjakan soal dimensi tiga berdasarkan teori Newman. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes dan dianalisa menggunakan teknik analisis kualitatif model alir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan tes berdasarkan teori Newman antara lain terdapat miskonsepsi siswa dalam membaca masalalah (reading), siswa melakukan kesalahan saat memahami inti masalah (comprehension), dan siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal menggunakan rumus dan langkah-langkah yang tepat (process skill).Kata-kata kunci:Analisis Kesalahan, Dimensi Tiga, Teori Newman

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...