Abstrak:Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami para peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan matematika pada bentuk soal cerita. Penelitian ini adalah penelitian deskriptip kualitatif. Sample dalam penelitian ini adalah Sembilan orang peserta didik SMP yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil kesimpulan pada penelitian ini diperoleh sebagai berikut: 1) peserta didik mengalami kesulitan konsep karena peserta didik kesulitan dalam menentukan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan; 2) peserta didik mengalami kesulitan prinsip karena siswa keliru dalam menentukan rumus; 3) peserta didik mengalami kesulitan algoritma dikarenakan peserta didik kurang teliti dalam melakukan langkah-langkah penyelesaian soal cerita.Kata kunci: Analisis Kesulitan, Soal Cerita Matematika
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020