Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 1 (2022): January 2022

Penanaman Cinta Lingkungan Pada Masyarakat PAUD

Chandrawati, Titi (Unknown)
Aisyah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Mencintai lingkungan adalah suatu karakter anak yang harus ditanamkan kepada masyarakat Indonesia sejak usia dini. Untuk itu, masyarakat PAUD perlu dikenalkan dengan literasi lingkungan karena masih banyak masyarakat PAUD yang belum paham akan literasi lingkungan. Pemahaman dan keterampilan literasi lingkungan jika dipelajari oleh seseorang sejak usia dini, maka ilmu tersebut dapat menjadi kebiasaan dan akan bertahan lama dalam pikiran dan hati seseorang. Artikel ini akan menguraikan bagaimana upaya menanamkan cinta lingkungan kepada masyarakat PAUD yang dilakukan tim peneliti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan tdengan pemberian informasi dan motivasi tentang pentingnya Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) kepada anak usia dini. Subjek yang terlibat dalam kegiatan ini adalah masyarakat PAUD yang diwakili oleh 11 guru PAUD di daerah Tangerang, Sawangan Bogor, Medan,dan Batam. Artikel ini ditulis berdasarkan hasil Penelitian Tindakan dengan pendekatan kualitatif melalui diskusi dan wawancara dan penyampaian informasi melalui temu online mengenai PLH untuk PAUD. Periode pengumpulan data memakan waktu 4 bulan pada tahun 2020. Analisis isi digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Data yang diperoleh divalidasi oleh anggota fakultas. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pemberian informasi dan pemberian motivasi kepada 11 guru PAUD tersebut dapat membuat 9 orang guru tergugah untuk ikut mempelajari dan mengajarkan literasi lingkungan kepada anak didiknya. Para guru tersebut berupaya membuat lingkungan sekolah menjadi lebih hijau dengan menanam pohon dan membuat berbagai kegiatan pembelajaran bersama anak untuk lebih mengenal dan sayang lingkungan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...