Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 1 (2022): January 2022

Mutu Layanan Tutor Dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Revolusi Industri 4.0 Di SKB Kabupaten Bone Bolango Ditinjau Dari Kreativitas Tutor Dan Motivasi Berprestasi Warga Belajar Paket B

Rusmin Husain (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas tutor dan motivasi berprestasi warga belajar paket B secara parsial maupun simultan dengan mutu layanan tutor dalam pembelajaran berbasis teknologi revolusi industri 4.0 di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bone Bolango. Pendekatan penelitian ini yakni kuantitatif dengan desain penelitian ini berupa kausalitas. Teknik analisis data yang digunakan yakni analissi deskriptif dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kreativitas tutor memiliki hubungan positif dan signifikan dengan mutu layanan tutor dalam pembelajaran berbasis teknologi revolusi industri 4.0 di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bone Bolango sebesar 81,00% atau berada dalam kategori hubungan yang sangat kuat. (2) Motivasi berprestasi warga belajar paket B memiliki hubungan positif dan signifikan dengan mutu layanan tutor dalam pembelajaran berbasis teknologi revolusi industri 4.0 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Bone Bolango sebesar 76,80% atau berada dalam kategori hubungan yang kuat. (3) Kreativitas tutor dan motivasi berprestasi warga belajar paket B secara bersama-sama memiliki hubungan signifikan dengan mutu layanan tutor dalam pembelajaran berbasis teknologi revolusi industri 4.0 di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bone Bolango sebesar 86,10% atau berada dalam kategori hubungan yang sangat kuat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...