MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 4, No 1 (2022): MATHEMA

Dampak Penggunaan Media Sempoa dalam Pembelajaran Matematika Kelas Rendah di Sekolah Dasar

Shinta Pandu Wijayanti (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Meidawati Suswandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan media sempoa dalam pelajaran matematika kelas rendah di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi pustaka. Objek dalam penelitian ini adalah media sempoa dan muatan pelajaran matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas rendah di sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca, menelaah, dan mencatat berbagai literatur atau bahan bacaan yang sesuai dengan pokok bahasan yang diakses di Google Scholar. Teknik analisis data penelitian ini yaitu dengan menganalisa data yang diperoleh dengan menggunakan teknik analisis anotasi bibliografi (Annotated Bibliography). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat dampak penggunaan sempoa antara lain melalui kegiatan permainan menggunakan media sempoa siswa akan merasa tertarik, siswa tidak akan merasa jenuh dan bosan. Sehingga melalui penggunaan media pembelajaran sempoa dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama mata pelajaran matematika.Kata Kunci: Sempoa, Pelajaran Matematika, Kelas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...