Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 3, No 2 (2021)

Pendampingan Digital Marketing dalam Usaha Rumah Tangga melalui Penggunaan Marketplace di Desa Karya Mulya

Asep Kurniawan (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Dea Nikita Salsabilla Gunalan (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Khaeron Khaeron (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Ahmad Fauzi (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2021

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh industri rumah tangga di Desa Karyamulya mulai dari penurunan penjualan dan perputaran permintaan serta metode pemasaran yang konvensional. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pengertian dan konsep dari digital marketing dan marketplace, manfaat dan keuntungan dari pemasaran melalui marketplace, cara kerja marketplace, cara mendaftar dan membuat toko di toko online (market) dan meningkatkan produksi melalui marketplace. metode yang diterapkan adalah Asset Based Community Development (ABCD) yang meliputi lima tahapan yaitu Define, Discovery, Dream, Design, dan Destiny. Hasil KKN ini memberikan pemahaman kepada pelaku home industry di Desa Karyamulya tentang digital marketing, marketplace dan penjualan produk melalui marketplace, serta mampu membuat online shop, mempromosikan produknya melalui marketplace dan peningkatan penjualan sebesar 15 % produk dari industri lokal yang dipasarkan di beberapa marketplace.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dimasejati

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Dimasejati IAIN Syekh Nurjati Cirebon, berfokus pada masalah utama dalam pengembangan ilmu bidang layanan masyarakat sebagai berikut: Layanan Komunitas: Orang, Ketahanan Pangan Lokal, Pelatihan, Pemasaran, Teknologi Tepat Guna, Desain Pemberdayaan Masyarakat, Akses Sosial dan Kesehatan. ...