Buletin KKN Pendidikan
Vol. 3, No. 2, Desember 2021

Penggunaan Kartu Perkalian sebagai Media Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi

Rahmawanti, Kani (Unknown)
Sundari, Sri (Unknown)
Sutama, Sutama (Unknown)
Ishartono, Naufal (Unknown)
Waluyo, Mohammad (Unknown)
Sunaryo, Ilham (Unknown)
Cahyo, Aditya Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2021

Abstract

Pengabdian ini mengembangkan media belajar berupa kartu angka dengan tujuan untuk membantu peserta didik dalam menghafalkan perkalian menggunakan bantuan media tersebut. Metode pelaksanaan ini menggunakan metode advokasi yaitu sebuah usaha untuk menciptakan (to create) yang baru atau yang belum ada dalam konsep kebijakan publik. Kegiatan pendampingan belajar menggunakan kartu angka  dilaksanakan selama satu bulan bertempat di Dusun Gurjugan, Kupang, Karangdowo, Klaten. Analisis data yang digunakan ialah kualitatif dengan hasil peningkatan hafalan perkalian oleh peserta didik. Penggunaan media kartu angka sangatlah efeftif diterapkan pada mata pelajaran matematika khususnya dalam meningkatkan hafalan perkalian. Respon yang diberikan peserta didik saat melakukan pembelajaran menggunakan media kartu angka ini cukup positif, peserta didik tampak aktif, antusias.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

buletinkkndik

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Lingkup kajian Buletin KKN-Dik adalah kegiatan pengabdian masyarakat dan/atau KKN Dik yang dapat berupa: (a) penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat pendidikan; (b) pemahaman kondisi pendidikan masyarakat di ...