Jurnal Pendidikan Almuslim
Vol. 3 No. 2 (2015): Jurnal Pendidikan Almuslim

MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENINGKATAN MUTU GURU

Faizin Faizin (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2018

Abstract

Sumber daya sekolah yang kondisi yang cukup diperlukan tetapi tidak untuk meningkatkan prestasi siswa. Kita perlu menyadari bahwa sekolah sebagai unit garis depan pendidikan formal dengan potensi siswa yang berbeda yang perlu berbagai layanan pendidikan dan kondisi lingkungan yang berbeda satu sama lain, maka sekolah harus dinamis dan kreatif dalam melaksanakan perannya untuk berusaha peningkatan kualitas pendidikan. Ini hanya dapat dilakukan ketika sekolah diberi kesempatan untuk mengatur dan mengelola sendiri, berdasarkan kondisi lingkungan dan kebutuhan anak didik. Pendapat ini telah mendorong adanya pendekatan baru, bahwa masa depan, manajemen peningkatan mutu pendidikan harus didasarkan pada sekolah sebagai front liner dalam kegiatan pendidikan. Pendekatan ini dikenal sebagai Berbasis Manajemen Mutu Sekolah atau dalam nuansa yang memiliki karakter pembangunan yang lebih, itu disebut Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Program ini berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan melalui pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah, yang didasarkan pada tiga komponen utama; mengembangkan manajemen pendidikan terbuka dan transparan, pengembangan kurikulum berbasis pada metode pembelajaran aktif dan efektif dengan nuansa lokal, dan mengembangkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dengan membangun rasa kepemilikan di sekolah-sekolah. Kata kunci: pendidikan, manajemen, sekolah, kualitas

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jupa

Publisher

Subject

Education

Description

Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim Bireuen-Aceh. Terbit dua kali dalam setahun (Agustus dan Pebruari). Terbit perdana pada Agustus 2013, dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas keilmiahan dosen atau akademisi dari berbagai Perguruan Tinggi/Lembaga ...