Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran Biologi kelas I di SMPN dalam Kabupaten Bireuen yang difokuskan pada pengetahuan dan keterampilan guru mengajar, fasilitas dan sarana pembelajaran, metode yang dipakai, dan literatur yang dipakai. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif statistik sederhana, yaitu serangkaian proses pengumpulan data, menganalisis data dan mengambil kesimpulan. Populasi dari penelitian ini adalah semua guru Biologi yang mengajar di kelas I SMP Negeri yang ada dalam Kabupaten Bireuen yang berjumlah 58 sekolah. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh sekolah dalam populasi yaitu guru yang mengajar mata pelajaran Biologi di kelas I SMP Negeri yang ada dalam Kabupaten Bireuen yang berjumlah 58 sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket. Data dianalisis secara presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan proses pembelajaran biologi kelas I di SMPN dalam Kabupaten Bireuen telah terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari terlaksananya beberapa komponen penting dari proses pembelajaran dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa proses evaluasi siswa pada pembelajaran biologi pada pengetahuan dan keterampilan guru mengajar, fasilitas dan sarana pembelajaran, metode yang dipakai, dan literatur yang dipakai sudah sangat baik. Kata kunci : Evaluasi proses pembelajaran biologi
Copyrights © 2016