Buletin Pembangunan Berkelanjutan
Vol. 5 No. 2 (2021)

Pelatihan Pembelajaran Daring Melalui Platform Google Pada Guru SMA Seri Rama Pekanbaru

Irena Hastuti (Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Riau)
Haugesti Diana (UIR)
Masnur (Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Riau)
Muhammad Fahdi (Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2022

Abstract

Pengabdian masyarakat bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru yang ada di SMA Seri Rama Pekanbaru yaitu bagaimana menggunakan platform google untuk mempermudah melaksanakan pengajaran kepada siswa selama masa pandemi covid 19 ini. Metode yang dilakukan adalah ceramah tatap muka langsung dengan guru-guru, serta praktek langsung dengan membawa perangkat laptop dari peserta. Hasil kegiatan ini hampir seluruh guru belum menggunakan media Google seperti Google Classroom, media tatap muka online seperti Google Meet, serta Platform Google lainnya. Guru-guru hanya menggunakan media WA untuk melaksanakan pengajaran. Seperti absensi, materi pengajaran, membuat tugas, dan kegiatan lainnya hanya melalui WA sehingga pengajaran menjadi tidak efektif. Hal ini karena kurangnya pemahaman guru pada perangkat platform ini karena pihak sekolah tidak melakukan pelatihan kepada guru-guru untuk menggunakan media online Google untuk melakukan pengajaranPengabdian masyarakat bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru yang ada di SMA Seri Rama Pekanbaru yaitu bagaimana menggunakan platform google untuk mempermudah melaksanakan pengajaran kepada siswa selama masa pandemi covid 19 ini. Metode yang dilakukan adalah ceramah tatap muka langsung dengan guru-guru, serta praktek langsung dengan membawa perangkat laptop dari peserta. Hasil kegiatan ini hampir seluruh guru belum menggunakan media Google seperti Google Classroom, media tatap muka online seperti Google Meet, serta Platform Google lainnya. Guru-guru hanya menggunakan media WA untuk melaksanakan pengajaran. Seperti absensi, materi pengajaran, membuat tugas, dan kegiatan lainnya hanya melalui WA sehingga pengajaran menjadi tidak efektif.Hal ini karena kurangnya pemahaman guru pada perangkat platform ini karena pihak sekolah tidak melakukan pelatihan kepada guru-guru untuk menggunakan media online Google untuk melakukan pengajaran

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

buletinpembangunan

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Fokus utama adalah pengabdian kepada masyarakat berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) / Sustainable Development Goals (SDGs) kelompok utama yaitu sosial, ekonomi, lingkungan, teknologi, hukum dan tata kelola berbasis penelitian seperti Participatory Action Research, Pengembangan ...