Program PKM ini memilih mitra usaha bakso Bang Boneng yang telah mampu bertahan selama 27 tahun.Mulai bulan Maret, efek pandemi Covid-19 amat dirasakan oleh pemilik usaha. Pemasaran hanyadilakukan secara langsung, belum menggunakan media online. Tidak mampu memenuhi permintaan barudi era new normal berupa bakso frozen. Belum memiliki peralatan berupa freezer box untuk persediaanlogistik daging dan bakso. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan daya saing agar mitra mampubertahan dan dapat mengembangkan usaha melalui program pendampingan usaha yang dilakukan oleh stafpengajar Politeknik Negeri Medan. Pengusaha diajak untuk menerapkan strategi pemasaran secara onlinesehingga usaha ini mampu menjangkau pelanggan lebih luas lagi. Memberikan materi pelaatihan tentangkomunikasi pemasaran yang efektif. Disamping itu pengusaha harus mampu menangkap peluang baru daripermintaan konsumen yang membutuhkan makanan dalam bentuk frozen. Memberikan bantuan berupaperalatan mesin blender penggiling daging untuk membantu mempersingkat waktu proses pembuatanbakso dan membantu pengadaan peralatan freezer box untuk membantu penyediaan bakso dalam bentukfrozen. Hasil dari kegiatan ini, pengusaha telah mampu menyediakan bakso frozen, memiliki logistikpersediaan daging, bisa diakses secara online, dan memiliki tempat usaha dalam bentuk ruko.
Copyrights © 2021