Riset ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan motivasi diantara dua gender (laki-laki dan perempuan) di saat pandemi, khusus untuk pelajaran biologi. Metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif telah digunakan dalam riset ini. Sebanyak 191 siswa disurvey dengan angket untuk mendapatkan data motivasi mereka. Angket berisi 31 pernyataan dengan empat skala yang tersebar pada lima indikator motivasi. Data dikalkulasi dengan uji t dan Mann-Whitney. Hasil menunjukkan perbedaan signifikan (p < 0.05) untuk skor total motivasi dianatar kedua gender. Berdasarkan indikator motivasi, ditemukan dua indikator berbeda signifikan dan tiga indikator lainnya tidak menujukkan signifikan untuk kedua gender. Riset ini menyimpulkan bahwa motivasi siswa laki laki dan perempuan untuk belajar biologi adalah berbeda, tetapi berdasarkan indikator hanya berbeda signifikan pada dua indikator saja yaitu semangat dan kebutuhan (M2) dan Harapan dan cita-cita (M3).
Copyrights © 2022