Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 2 (2022): Journal On Teacher Education

MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA SELAMA PANDEMI

Silvia Hanna Kusuma Sirait (Universitas Papua, Indonesia)
Riszeky Puja Kurniawan (Universitas Papua, Indonesia)
Jeni Jeni (Universitas Papua, Indonesia)
Insar Damopolii (Universitas Papua, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan motivasi diantara dua gender (laki-laki dan perempuan) di saat pandemi, khusus untuk pelajaran biologi. Metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif telah digunakan dalam riset ini. Sebanyak 191 siswa disurvey dengan angket untuk mendapatkan data motivasi mereka. Angket berisi 31 pernyataan dengan empat skala yang tersebar pada lima indikator motivasi. Data dikalkulasi dengan uji t dan Mann-Whitney. Hasil menunjukkan perbedaan signifikan (p < 0.05) untuk skor total motivasi dianatar kedua gender. Berdasarkan indikator motivasi, ditemukan dua indikator berbeda signifikan dan tiga indikator lainnya tidak menujukkan signifikan untuk kedua gender. Riset ini menyimpulkan bahwa motivasi siswa laki laki dan perempuan untuk belajar biologi adalah berbeda, tetapi berdasarkan indikator hanya berbeda signifikan pada dua indikator saja yaitu semangat dan kebutuhan (M2) dan Harapan dan cita-cita (M3).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...