Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 2 (2022): Journal On Teacher Education

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Tinggi dengan Menerapkan Model Problem Based Learning

Afriza Rahma Rani (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan beroikir kritis dengan menerapkan model open ended pada siswa Kelas V SD Pahlawan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dimana sebelum dilakukan tindakan dari 23 orang hanya sebanyak 2 orang yang bertanya pada guru dan hasil berpikir kritis (51%) yang memperoleh nilai ulangan harian di atas atau sama dengan KKM yang ditetapkan oleh pihak sekolah tersebut adalah 70. Setelah diterapkan model open ended untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada siklus I sebanyak (74%) 18 orang yang di atas KKM atau sama dengan KKM, pada siklus ke II sebanyak (91,30%) memperoleh nilai ulangan di atas KKM. Aktifitas guru dikatagorikan baik pada siklus I dikatagorikan baik dengan rata-rata 75% dan pada siklus II dikatagorikan amat baik dengan rata-rata sebesar 85%. Sementara untuk aktivitas guru dikatagorikan baik dengan 76% siklus I dan pada siklus II dengan 87,50%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...