Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1, No 1 (2021): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar

Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas IV dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning

Khairun Nisa (Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta)
Fauzan Fauzan (Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta)
Fatkhul Arifin (Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika dan meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas IV SDN Sudimara 7. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Subyek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV-I SDN Sudimara 7. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa, didapat dari hasil rata rata siklus I dan siklus II, pada siklus I skor rata rata kemampuan koneksi matematis siswa sebesar 67,4 kemudian pada siklus II menjadi 90,8. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elementar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

ELEMENTAR : Jurnal Pendidikan Dasar published twice a year since 2021, is a bilingual (Indonesian and English), peer-reviewed journal, and specializes in elementary education Studies. This journal is published by Program Study Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Editors welcome scholars, ...