Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 1, No 2 (2021): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar

Analisis Implementasi Model Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar

Ahmad Ariq Rozy (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Asep Ediana Latip (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran jarak jauh pada MIS Al Hidayah Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di MIS Al Hidayah, diketahui bahwa implementasi model pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan beberapa jenis aplikasi, seperti whatsapp, e-learning madarasah, zoom, dan video editing aplikasi, yaitu InShot dan Kine Master untuk membuat video pembelajaran. Faktor pendukung implementasi model pembelajaran jarak jauh pada MIS Al Hidayah antara lain adalah dukungan terhadap sekolah para guru dalam bentuk penyediaan jaringan internet (wifi), dan bantuan Pemerintah kepada siswa dalam bentukpembagian kuota internet. Sementara di antara faktor-faktor penghambatnya adalah: (1) kurangnya pendampingan orang tua terhadap peserta didik, karena kesibukan bekerja, (2) tidak semua siswa memiliki anggaran untuk mengikuti proses pembelajaran jarak jauh, dan (3) materi audio-visual (video). pembelajaran) yang diketengahkan kepada siswa kurang menarik, sehingga berdampak pada menurunnya motivasi dan antusiasme siswa dalam mengikuti proses pembelajaran jarak jauh.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

ELEMENTAR : Jurnal Pendidikan Dasar published twice a year since 2021, is a bilingual (Indonesian and English), peer-reviewed journal, and specializes in elementary education Studies. This journal is published by Program Study Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Editors welcome scholars, ...