AbstrakPsikomotorik tidak terlepas dari aktivitias fisik yang dilakukan manusia pada umumnya, hal ini juga sangat di butuhkan kepada peserta didik tunanetra dalam melakukan proses pembelajaran, psikomotorik terbagi menjadi dua yaitu psikomotorik kasar dan halus yang masing – masing memiliki peran yang sangat penting bagi peserta didik tunanetra. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ‘’ untuk meningkatkan psikomotorik pada anak tunanetra kelas X di SKh Al-Khairiyah’’. Dengan meningkatkan keterampilan psikomotorik peserta didik tunanetra akan sangat mendukung terhadap kelancaran proses belajar khususnya memahami bentuk dalam pembelajaran geometri bangun datar. Dari hasil pengamatan menunjukkan masih terlihat kesulitan dalam persepsi dan psikomotorik peserta didik sehingga berdampak pada hal yang lain. oleh karena itu guru sering kali turun tangan untuk membantu peserta didik di dalam kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SKh AL – Khairiyah Cilegon. Pengumpulan data yang digunakan dalam pembuatan media ini adalah asessment, obseravasi dan wawancara dengan menggunakan teknik kualitatif. Media pembelajaran ini di harapkan dapat membantu banyak pihak dalam proses pembelajaran.Kata kunci : Psikomotorik, Proses Pembelajaran, Geomentri Bangun Datar, Tunanetra
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019