Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol. 1 No. 1 (2020): JANUARI 2020

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMA

Dea Tirsa Yolanda (Unknown)
Patricia Lubis (Unknown)
Sugiarti Sugiarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2020

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah rendahnya pemahaman konsep Fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan alat peraga terhadap pemahaman konsep Fisika siswa SMA Negeri 11 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan menggunakan desain nonrandomized control group pretest-postest design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive sehingga diperoleh kelas XI.IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI.IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data tes menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data tes diperoleh nilai rata-rata pos-test kelas eksperimen sebesar 86,24 sedangkan kelas kontrol 70,48. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung > ttabel yakni 12,21 > 1,67 maka diartikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning berbantuan alat peraga terhadap pemahaman konsep Fisika siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

luminous

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika yang disingkat dengan JLu merupakan jurnal yang diterbitkan dan dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang. JLu memuat artikel hasil penelitian di bidang Pendidikan Fisika yang meliputi penelitian eksperimen, ...