Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol. 3 No. 1 (2022): JANUARI 2022

PENGARUH MODEL PEMBELEJARAN DISCOVERI LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Wirta Alben (Universitas Negeri Gorontalo)
Muhammad Yusuf (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa materi getaran dan gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Pengambilan sampel secara random yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII A (Kelas Eksperimen) dan Kelas VIII B (Kelas Kontrol) berjumblah 30 orang untuk masing-masing kelas, desain penelitian yang digunakan dimana peneliti menentukan pengambilan secara random sampel penelitian yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Kelas eksperimen menggunakan metode eksperimen, kelas kontrol menggunakan metode ceramah. hipotesis dalam penelitian ini berdasarkan uji hipotesisi menggunakan uji t  dua sampel independen, diperoleh nilai thitung 17, 93 dan nilai ttabel 2,001 dengan taraf signifikan 5%. Nilai thtiung dan ttabel memberikan  Proporsi menjadi nilai   dimana kriteria yang digunakan , sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran descovery learning dapat menigkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci:Discoveri Learning, Saintifik, Hasil BelajarPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning menggunakan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa materi getaran dan gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Pengambilan sampel secara random yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII A (Kelas Eksperimen) dan Kelas VIII B (Kelas Kontrol) berjumblah 30 orang untuk masing-masing kelas, desain penelitian yang digunakan dimana peneliti menentukan pengambilan secara random sampel penelitian yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Kelas eksperimen menggunakan metode eksperimen, kelas kontrol menggunakan metode ceramah. hipotesis dalam penelitian ini berdasarkan uji hipotesisi menggunakan uji t  dua sampel independen, diperoleh nilai thitung 17, 93 dan nilai ttabel 2,001 dengan taraf signifikan 5%. Nilai thtiung dan ttabel memberikan  Proporsi menjadi nilai   dimana kriteria yang digunakan , sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran descovery learning dapat menigkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci :Discoveri Learning, Saintifik, Hasil Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

luminous

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika yang disingkat dengan JLu merupakan jurnal yang diterbitkan dan dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang. JLu memuat artikel hasil penelitian di bidang Pendidikan Fisika yang meliputi penelitian eksperimen, ...