Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bencana alam SMP kelas VII melalui penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS). Data-data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data tentang kemampuan pemecahan masalah siswa melalui tes uraian dalam bentuk pretest dan postest, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran guru, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa pada nilai pretest adalah 50,90 yang tergolong kategori rendah, sedangkan rata-rata nilai posttest siswa adalah 79,49 dengan kategori tinggi. Hasil persentase keterlaksanaan pembelajaran guru adalah 78,23% dengan kriteria sangat baik. Adapun hasil angket respon siswa terhadap proses pembelajaran mencapai 87,08% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bencana alam.
Copyrights © 2020