Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol. 1 No. 1 (2020): JANUARI 2020

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI BENCANA ALAM

indriyani indriyani (Unknown)
Mochammad Ahied (Unknown)
Irsad Rosidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bencana alam SMP kelas VII melalui penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS). Data-data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data tentang kemampuan pemecahan masalah siswa melalui tes uraian dalam bentuk pretest dan postest, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran guru, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa pada nilai pretest adalah 50,90 yang tergolong kategori rendah, sedangkan rata-rata nilai posttest siswa adalah 79,49 dengan kategori tinggi. Hasil persentase keterlaksanaan pembelajaran guru adalah 78,23% dengan kriteria sangat baik. Adapun hasil angket respon siswa terhadap proses pembelajaran mencapai 87,08% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bencana alam.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

luminous

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika yang disingkat dengan JLu merupakan jurnal yang diterbitkan dan dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang. JLu memuat artikel hasil penelitian di bidang Pendidikan Fisika yang meliputi penelitian eksperimen, ...