Penelitian ini tentang Meningkatkan Kosakata Siswa Dengan Menggunakan Gambar (Studi Eksperimental di Kursus Fast Learning Center). Gambar digunakan sebagai media dalam proses pengajaran. Studi ini berfokus pada poin-poin berikut: Bagaimana guru meningkatkan kosakata siswa dengan menggunakan gambar? Sampel penelitian ini adalah siswa kelas Basic A dan B (Keseluruhan Siswa SMP) dengan jumlah sampel 27 siswa untuk pre-test 27 untuk post-test di setiap kelas. Data dalam penelitian ini dikumpulkan sejak tanggal 4 Juni 2021 dan selesai pada tanggal 8 Juni 2019. Instrumen yang digunakan adalah tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan rumus t untuk mengetahui t-score. Nilai pre-test dan post-test bisa menjadi bukti peningkatan mereka setelah melakukan penelitian. Untuk percobaan ini, peneliti menggunakan taraf signifikansi 5% (0,05) alpha(α). Jumlah siswa dalam penelitian ini adalah 27. Derajat kebebasan (df) adalah n-1= 27-1=26. Untuk tingkat alpha (α) 5% dan 27 derajat kebebasan, tidak ada tabel skor kritis yang pasti. Itu perlu untuk menemukan skor pasti untuk mendapatkan skor kritis terdekat dalam t-tabel. Peneliti memperoleh t-score sebesar 16,15, sehingga t-score lebih tinggi dari nilai kritis pada tabel (t=16,15 > t tabel = 2,035) sehingga peneliti menyimpulkan bahwa penerapan Picture untuk kelas eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar tanpa Gambar dalam pengajaran membaca kosakata. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima.
Copyrights © 2021