Sulawesi Tenggara Educational Journal
Vol 1 No 3: Desember (2021)

Pembelajaran Berbasis Inquiry dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa dalam Mata Pelajaran IPA

muhammad nur rohman (Tidar University)
Aza Mazita (Universitas Tidar)
Ayu Nuryanti (Universitas Tidar)
Riva Ismawati (Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan & menumbuhkan keyakinan dalam diri siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah Tempuran, Magelang, Jawa Tengah, tentang jawaban dari suatu masalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen angket berbantuan google form. Dalam angket google form tesebut kami menggunakan pertanyaan kuisioner untuk memperoleh data primer sebagai data acuan. Kegunaan model pembelajaran secara inkuiri yaitu siswa dapat meningkatkan semangat belajar serta melatih kemampuan berpikir secara mandiri dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang ada. Terdapat partisipan dari kelas IX sebanyak 29 peserta didik yang mengisi angket kuisioner mengenai pembelajaran berbasis inkuiri terhadap hasil dan motivasi siswa dalam memahami pelajaran IPA kelas IX maka diperoleh 0 peserta didik (0 %) menjawab kedalam kategori baik, 21 peserta didik (72,41 %) menjawab kedalam kategori cukup, dan 8 peserta didik (27,59 %) menjawab kedalam kategori kurang. Sehingga dapat ditarik inti dari penelitian ini bahwa pada metode pembelajaran berbasis inkuiri hasil serta pengadaan motivasi siswa dalam pelajaran IPA tergolong cukup. Metode pembelajaran berbasis inkuiri cocok diterapkan dalam pembelajaran IPA khususnya pada kelas IX SMP Muhammadiyah Tempuran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

seduj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Sultra Educational Journal (Seduj) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Tenggara. Seduj terbit tiga kali dalam setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Seduj menjadi sarana publikasi bagi para akademisi, peneliti, dan ...