Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 4, No 1 (2022): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa ditinjau dari Adversity Quotient

Nor Amalliyah (Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Semarang)
Wardono Wardono (Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang)
Mulyono Mulyono (Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2022

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar berdasarkan AQ yang dimiliki siswa. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan tipe maximal variation purosive. Terjadi perbedaan kemampuan berpikir aljabar antara siswa quitter, campers, dan climbers. Indikator5kemampuan berpikir%aljabar yang dapat dipenuhi siswa quitters yaitu menuliskan hal-hal5yang diketahui5dari5soal, menentukan%variabel, serta membuat%model matematikai dari variabel sesuai dengan soal. Siswa campers dapat memenuhi beberapa indikator kemampuan berpikir aljabar, diantaranya mampu menentukan variabel, menyusun model matematika dari variabel, menggunakan%model matematikai untuk%menyelesaikan isoal serta menerapkan%nilai%variabel untuki imenentukan solusi dari permasalahan.  Siswa climbers dapat memenuhi semua indikator kemampuan berpikir aljabar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

VoJ

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika adalah jurnal yang bertujuan untuk mengungkap fakta, masalah, dan pemecahan masalah dalam bidang pendidikan matematika dan ...