Ta'lim
Vol 2, No 1 (2020): Ta'lim

ANALISIS PRILAKU SISWA TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PROSES PEMBELAJARAN

ahmad luviadi (universitas muhammadiyah lampung)
arizal eka putra (universitas muhammadiyah lampung)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2020

Abstract

Prilaku siswa dalam penggunaan TIK bisa berdampak positif dan negatif tergantung bagaimana pemanfaatannya, jika digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran akan menjadikan siswa berprestasi dan sukses, namun sebaliknya jika disalahgunakan akan mengakibatkan rusaknya masa depan siswa tersebut, termasuk pada siswa di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Berdasarkan hal itu maka penting untuk meneliti lebih lanjut tentang Analisis Prilaku Siswa Terhadap Penggunaan TIK pada proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui prilaku siswa terhadap penggunaan TIK pada proses pembelajaran di SMK M 2 Bandar Lampung. Metode penelitian nya kualitatif deskriptif, dengan alat pengumpul data adalah observasi, interview dan dokumentasi, dan analisa data dengan analisa data kualitatif ; reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat siswa yang mempunyai prilaku positif, prilaku negatif dan prilaku yang kurang bermanfaat dalam penggunaan TIK, dari 41 siswa yang di teliti terdapat 31 siswa mennggunakan TIK untuk hal yang positif, dan 10 siswa prilaku negatif untuk hal yang terlarang, 5 prilaku negatif dengan disengaja, dan 5 prilaku negatif dilakukan tanpa disengaja.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

TL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmu Agama Islam ini dimaksudkan untuk menyebarkan hasil-hasil penelitian dosen, penelitian skripsi mahasiswa S1, maupun kajian ilmiah yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori, dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan Agama Islam di ...