cover
Contact Name
Anggi Septia Nugroho
Contact Email
septianugroho90@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
uml.prodipai@gmail.com
Editorial Address
JALAN Z.A. PAGAR ALAM NO.14, KEDATON, BANDAR LAMPUNG
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Ta'lim
ISSN : 02165198     EISSN : 27759725     DOI : https://doi.org/10.36269/ta'lim.v4i1.618
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Agama Islam ini dimaksudkan untuk menyebarkan hasil-hasil penelitian dosen, penelitian skripsi mahasiswa S1, maupun kajian ilmiah yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori, dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan Agama Islam di Indonesia
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 60 Documents
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM muhammad sholihin
Ta'lim Volume 1, Nomor 2, 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.041 KB) | DOI: 10.36269/ta'lim.v0i0.117

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk menuangkan konsep pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Dalam Implementasinya dilapangan banyak lembaga pendidikan yang menerapkan konsep pendidikan karakter lepas dari nilai-nilai pendidikan Islam. padahal implementasi pendidikan karakter harus sejalan nilai-nilai pendidikan Islam. Dalam tujuan pendidikan Islam lebih mengedepankan perubahan akhlak dalam proses pembelajaran. Artinya hal ini juga sejalan dengan nilai-yanag tertuang didalam tujuan pendidikan Nasional. Banyak ungkapan – ungkapan yang dirumuskan dalam konsep pendidkan karakter juga ditemukan dalam teks al Qur’an, hal ini menunjukan bahwa tidak ada kontradiksi didalam konsep pendidikan karakter dengan konsep pendidikan Islam. hal ini yang perlu dipahamkan kepada masyarakat bahwa islam merupakan agama yang santun, agama yang luhur, yang mengedepankan nilai-nilai jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan dan nasionalisme, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli social, dan tanggungjawab. Untuk dapat menimplemantasikan pendidikan karakter perlu dipahami sebuah kaidah’ Konsep Pendidikan karakter dan konsep pendidikan Islam bukanlah sesuatu yang harus di bandingkan, apalagi dipertentangkan, namun harus dilaksanakan dan diimplementasikan
MEDIA WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAQ ERA PANDEMI COVID – 19 Indra Indra; mashdaria huwaina
Ta'lim Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.755 KB) | DOI: 10.36269/ta'lim.v4i1.767

Abstract

Peralihan pembelajaran yang dilaksanakan menjadi alternatif dan solusi dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa era pandemic covid- 19. Penggunaan media WhatsApp digunakan di MI Tahfidz Babul Hikmah khususnya pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq. Penggunaan media WhatsApp dalam pembelajaran juga menemukan kendala berbagai hambatan dalam pelaksanaannya,         Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemantapanpembelajaran daring via WhatsApp Masa Pandemi Covid-19selain itu untuk mengetahui persepsi siswadan guruterhadap pemantapanpembelajaran daring via WhatsApp Masa PandemiCovid-19sertauntuk mengetahui keuntungan dan hambatan pembelajaran daring via WhatsAppMasa Pandemi Covid-19.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisisdata dalam penelitian ini menggunakan tahap analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.            Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa proses penerapan pembelajaran daring via WhatsApp Masa Pandemic Covid-19sudah berjalan dengan baik, dengan melakukan perencanaan yang matang siswa dapat melaksanakan pembelajaran dengan lancar sehingga guru dapat melakukan evaluasi.Kunci: Pembelajaran, WhatsApp, Covid-19
KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK AKHLAK PESERTA DIDIK Anggi Septia Nugroho; Ewin Iskandar; Agung M; Iqbal Iqbal
Ta'lim Vol 1, Nomor 1, 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.073 KB) | DOI: 10.36269/ta'lim.v0i0.80

Abstract

Keluarga dan sekolah merupakan dua elemen yang tidak dapat dipisahkan, sebab baikburuknya akhlak siswa di sekolah bergantung pula kepada pola pendidikan siswa tersebut dirumah oleh orang tua mereka. Guru bertugas menanamkan akhlak yang baik kepada siswanyasedangkan orang tua melakukan pembinaan dan pengawasan lanjut terkait perilaku anakanaknyadi rumah.Perumusan masalah dalam penulisan ini yaitu : Bagaimana bentuk kerja sama antaraOrang tua & Guru PAI dalam membentuk Akhlak Siswa di MIN 8 Bandar Lampung. Tujuanpenulisan ini adalah untuk mengetahui Bagaimana bentuk kerja sama antara Orang tua &Guru PAI dalam membentuk Akhlak Siswa di MIN 8 Bandar Lampung. Penulisan ini merupakan penulisan kualitatif deskriptif yang mana instrumen kunciadalah penulis itu sendiri. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancaradan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan oleh penulis adalah reduksi data, displaydata dan penarikan kesimpulan. Hasil penulisan menunjukkan bahwa bentuk kerja sama antara orang tua dan guru diMIN 8 Bandar Lampung yaitu : 1) Mengadakan pertemuan dengan orang tua pada haripenerimaan siswa baru. 2) Mengadakan surat menyurat. 3) Melakukan komunikasi dua arahmelalui telephone. 4) Memberikan penugasan (PR). 5) Memberikan buku penghubung siswa.6) Melakukan kunjungan orang tua ke sekolah. 7) Memberikan raport hasil belajar siswa.Sedangkan usaha dan strategi antara orang tua dan guru dalam membentuk akhlak siswaadalah dengan melakukan pembiasaan keteladanan dan kedisiplinan.
EFEKTIVITAS PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION DALAM PROSES PEMBELAJARAN kartika eka Pertiwi
Ta'lim Vol 3, No 2 (2021): JURNAL TA'LIM
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.184 KB) | DOI: 10.36269/ta'lim.v3i2.474

Abstract

Setiap peserta didik adalah individu yang unik yang memiliki karakter masing-masing. Perbedaan karakteristik ini menjadi tantangan bagi pendidik karena kebutuhan belajarnya akan berbeda. Pendidik harus menciptakan suasana belajar yang mampu mengakomodasi perbedaan tersebut. Differentiated instruction merupakan pendekatan yang dapat menjadikan perbedaan sebagai dasar dari perencanaan pembelajaran. Perbedaan yang ada dapat digunakan sebagai kekuatan untuk membantu peserta didik lebih mudah dalam belajar. Langkah pertama dilakukan adalah mengumpulkan informasi tentang kesiapan belajar, minat, dan profil belajar peserta didik. Selanjutnya merancang konten, proses dan produk yang berbeda sesuai kebutuhan peserta didik yang didasarkan pada kesipan belajar, minat dan profil belajar peserta didik. Pada tahap terakhir yaitu menerapkan pembelajaran differentiated instruction. Pada tahap ini, setiap peserta didik dapat mengaitkan masalah dalam kegiatan pembelajaran kedalam kehidupan sehari-hari dengan materi yang diajarkan sesuai dengan minat mereka. Menganalisis dan memecahkan masalah tersebut menggunakan cara dan fokus matematis yang berbeda sesuai pengetahuan awal dan profil belajar peserta didik masing-masing.
PENDIDIKAN KELUARGA SEBAGAI FONDASI PERTAMA PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PERSPEKTIF ISLAM Khalid Ramdhani; Iwan Hermawan; Iqbal Amar Muzaki
Ta'lim Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.248 KB) | DOI: 10.36269/ta'lim.v2i2.284

Abstract

Al Quran dan hadits bagi umat Islam adalah tuntunan dalam hidup. Begitu pula dalam mendidik anak menjadi anak baik yang mampu membedakan hal mana yang baik dan buruk. Mendidik adalah salah satu langkah penting untuk membentuk manusia yang sempurna aqlan, jisman, khuluqan. Pendidikan keluarga melibatkan semua anggota keluarga yang dimulai oleh kakek dan nenek sebagai keluarga, ayah dan ibu tertua sebagai orang tua dan anak-anaknya sendiri. Yang lebih penting adalah pendidikan harus diberikan oleh orang tua kepada anak-anak. Menurut hukum sistem pendidikan nasional, tanggung jawab mendidik anak merupakan tanggung jawab tiga elemen penting dalam pendidikan, keluarga, masyarakat dan pemerintah. Sayangnya, pada pandangan publik bahwa bertanggung jawab dalam mendidik anak sepenuhnya dipercaya oleh pemerintah dan guru di sekolah yang mulai pra sekolah ke universitas. Namun, nampak bahwa peran yang dimainkan oleh ketiga unsur tersebut belum secara sinergis maksimal terintegrasi, terutama dalam pendidikan di rumah sebagai dasar pendidikan anak sebelum memasuki wilayah luar rumah mereka. Jadi pembentukan karakter dasar pendidikan karakter dalam keluarga tidak optimal. Metode yang digunakan pada penulisan artikel ini ini adalah studi literature (library research). Temuannya menunjukkan bahwa dalam Islam, keluarga memiliki peran penting yang sangat penting sebagai lembaga sosial pertama bagi anak dalam membentuk karakter mereka yang mampu bertahan dalam kehidupan sosial secara luas dengan agama mengkristalkan dengan kuat pada diri mereka sendiri.
GURU PAI SEBAGAI MOTIVATOR BELAJAR PESERTA DIDIK endang puspita sari; mardiana mardiana
Ta'lim Vol 2, No 1 (2020): Ta'lim
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.703 KB) | DOI: 10.36269/ta'lim.v2i1.224

Abstract

Peran guru di sekolah sangatlah penting, karena untuk mendorong semangat belajar, memberikan motivasi kepada siswa, sebab tidak semua siswa mampu belajar dengan baik dan mendapatkan nilai baik. Ada yang malas belajar, kurang minat dalam belajar, termasuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Untuk itu, penelitian ini ingin menemuakan peran guru PAI kelas V SD Negeri 2 Hajimena Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan dalam memotivasi siswa dalam belajar. Rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar kelas V SD Negeri 2 Hajimena Natar Lampung Selatan dan 2) Bagaimana motivasi belajar siswa dalam belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SD Negeri 2 Hajimena Natar Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang subjeknya adalah kepala sekolah, guru, siswa. Metode pengumulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar kelas V di SD Negeri 2 Hajimena Natar Lampung Selatan adalah 1) Memberikan penilaian dan pujian, 2) Menciptakan kelas kreatif dan inovatif, 3) Hukuman yang bermanfaat, 4) Materi mudah dimengerti siswa, 5) paham karakter siswa dan suasana kelas, dan 6) Sabar dan perhatian dalam belajar.
FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA PENDIDIKAN AKHLAK PADA REMAJA DI DESA KALI SARI KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN M. Sholihin; Nurkhotijah Nurkhotijah
Ta'lim Vol 1, Nomor 1, 2019
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.199 KB) | DOI: 10.36269/ta'lim.v0i0.85

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya Pendidikan Akhlak pada remaja di Desa Kalisari Kecamatan Natar Lampung Selatan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif analisis deskriptif. Alat pengumpulan data yang digunakan antara lain metode intreviu, observasi dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini merupakan sejumlah remaja di Desa kalisari Natar Lampung Selatan. Baik dan buruknya kondisi suatu masyarakat sangat ditentukan dengan pendidikan akhlaknya. Jika akhlaknya baik, maka masyarakat tersebut akan baik. Namun jika pendidikan akhlaknya rendah, maka masyarakat tersebut akan rusak. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa faktor penyebab rendahnya pendidikan Akhlak Remaja Kalisari Natar Lampung Selatan disebabkan oleh faktor lingkungan, ekonomi keluarga, pendidikan orang tua dan maraknya pengangguran di masyarakat.
PENDIDIKAN ISLAM ORDE REFORMASI (PENDEKATAN POLITIK DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN) hasbullah hasbullah; Arizal Eka Putra
Ta'lim Vol 4, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.288 KB) | DOI: 10.36269/ta'lim.v4i1.601

Abstract

Reformasi merupakan peristiwa bersejarah bangsa Indonesia. Peristiwa ini telah mempengaruhi semua kebijakan negara, termasuk di dalamnya adalah dunia pendidikan Islam. Refomasi bagi pendidikan Islam telah memberikan keluasan dan ruang intergasi keilmuan sehingga terjadi multikultual keilmuan serta pengetahuan. Dalam tulisan ini penulis akan menyajikan bagaimana kondisi pendidikan Islam pada masa orde reformasi dengan pendekatan politik dan kebijakan pendidikan. Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif non interaktif dengan menggunakan metode analisis konsep/isi (teks). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa reformasi telah melahirkan sejumlah kebijakan strategis dalam dunia pendidikan Islam. Hal ini pengaruhnya langsung serta dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas dan menyeluruh. Sehingga ada perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan Islam baik itu tujuan, pendidikan, peserta didik, materi, metode dan evaluasi.Pendidikan Islam secara politik dan kebijakan sangat diuntungkan dengan kelahiran undang-undang sistem pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003. 
ANALISIS KEBUTUHAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM (BKPI) TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRISDI IAIMNU METRO LAMPUNG Rina Mida Hayati; rizki rizki hidayatullah; muhammad muhammad yusuf; muhyidin muhyidin tohir
Ta'lim Vol 3, No 01 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.128 KB) | DOI: 10.36269/ta'lim.v3i01.302

Abstract

Penelitian ini mengambil tujuan untuk menselaraskan Materi Bahasa Inggris pada dosen pengampu untuk dikembangkansehingga tepat sasaran terhadap minat mahasiswa terhadap Bahasa Inggris. Menganalisa kebutuhan mahasiswa khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris sehingga selaras dengan keilmuan yang sedang diambil.Perlunya memberikan Materi Bahasa Inggris yang tepat dengan bidang keilmuan program studi mahasiswa sehingga mampu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa.Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dimana data yang akan diambil dalam bentuk data kualitatif berupa ujaran diambil dari wawancara dan juga data kuantitatif yang berupa angka angka yang diambil dari kuesioner yang semuanya akan dianalis secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini memberikan memberi informasi yang rinci terkait dengan persepsi mahasiswa Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) IAIMNU Metro dalam mengembangkan English for Specific Purposes (ESP) LearningMaterials. Luaran dari penelitian ini adalah sebuah inventori/acuan tentang persepsi mahasiswa dalam mengembangkan bahan ajar berbasis ESP sehingga mahasiswa Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) IAIMNU Metro.Kurikulum pengajaran bahasa Inggris di IAIMNU Metro pada program studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) disusun secara institusional, dengan kurikulum dan silabus mata kuliah tersebut ditengarai agar mencerminkan ciri khas kebutuhan program studi. Ciri khas dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris diterapkan untuk tujuan khusus (English for Specific Purposes (ESP) yang disusun dan dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan (needs analysis).
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Muhammad Ilham Habibi; Muhammad Iqbal Aziz; Muhammad Syaifulloh Al-Aziz; Dwiki Wahyu Handrian
Ta'lim Vol 2, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.745 KB) | DOI: 10.36269/ta'lim.v2i2.205

Abstract

Tujuan penulisan makalah ini ialah untuk mengetahui apakah gaya kepemimpinan kepala sekolah berperan penting dalam meningkatkan kinerja guru yang tidak lain adalah anggota atau stafnya sendiri, dalam praktiknya sendiri, guru dalam  melaksanakan tugas masih terlihat belum  maksimal, hal itu salah  satu  penyebabnya ialah dari gaya kepemimpinan seorang kepala sekolah yang dinilai kurang efektif sehingga para guru juga enggan melakukantugasnya dengan sepenuh hati, maka dari itu, agaknya kepala sekolah memahami dan menyesuaikan gaya memimpinnya dengan staf dan anggotanya sehingga menimbulkan rasa nyaman dan tujuan yang diinginkan sekolah akan tercapai lebih efektif dan efisien. Hasil dari makalah ini juga menyatakan bahwa gaya kepemimpinan seorang kepala sekolah sangat berperan penting dalam peningkatan atau penurunan kinerja guru, jika baik, maka guru guru akan ebih bersemangat lagi untuk melakukan pekerjaan dan cenderung bangga dengan pekerjaannya, jika buruk, maka guru tidak akan bersungguh-sungguh atau tidak sepenuh hati dalam melaksanakan tugasnya di sekolah, dan hal itu juga menjadi penghambat bagi kepala sekolah untuk mewujudkan sekolah yang diinginkannya.  Jika gaya kepemimpinan dari kepala sekolah baik, maka perubahan yang dirasakan oleh semua kalangan di sekolah akan positif juga sehingga terciptalah suatu lingkungan yang bisa mendorong untuk tercapainya tujuan yang telah dirumuskan oleh sekolah.Kata kunci : Gaya kepepimpinan, Kepala sekolah, Kinerja guru.