Abstrak: Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan suatu keharusan bagi lembaga pendidikan, karena guru merupakan kunci utama keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Kualitas siswa seringkali didukung oleh guru yang kompeten. Studi ini mengungkap strategi yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Data dianalisis dengan pendekatan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menyebutkan bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru yaitu: (1) penyediaan sarana dan prasarana sekolah, (2) studi lanjut, (3) melibatkan guru dalam kegiatan penelitian, (4) memberi pelatihan bagi guru yang mendukung pembelajaran, (5) menyediakan fasilitas membaca, dan (6) menyediakan lingkungan sekolah yang kondusif dengan kebersamaan dan kekeluargaan. Kesimpulan dari penelitian ini jika akan meningkatkan mutu guru diperlukan strategi kepemimpinan kepala sekolah yang baik.
Copyrights © 2021