JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 7, No 1 (2021): JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Guru

Endang Palupi (Universitas PGRI Palembang)
Bukman Lian (Unknown)
Artanti Puspita Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2021

Abstract

Abstrak: Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan suatu keharusan bagi lembaga pendidikan, karena guru merupakan kunci utama keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Kualitas siswa seringkali didukung oleh guru yang kompeten. Studi ini mengungkap strategi yang diterapkan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Data dianalisis dengan pendekatan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menyebutkan bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru yaitu: (1) penyediaan sarana dan prasarana sekolah, (2) studi lanjut, (3) melibatkan guru dalam kegiatan penelitian, (4) memberi pelatihan bagi guru yang mendukung pembelajaran, (5) menyediakan fasilitas membaca, dan (6) menyediakan lingkungan sekolah yang kondusif dengan kebersamaan dan kekeluargaan. Kesimpulan dari penelitian ini jika akan meningkatkan mutu guru diperlukan strategi kepemimpinan kepala sekolah yang baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

journalcahayapendidikan

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Mathematics Other

Description

Jurnal Cahaya Pendidikan (JCP) adalah media publikasi ilmiah di bidang ilmu pendidikan dan manajemen pendidikan secara umum. JCP bertujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian terkini atau inovasi baru di bidang pendidikan, dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pendidikan. ...