JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 6, No 2 (2020): JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

STRATEGI PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA SEKOLAH DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Ichi Kurniasih (SD Negeri 4 Prabumulih)
Yasir Arafat (Universitas PGRI Palembang)
Mulyadi Mulyadi (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemberdayaan sumber daya sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri 4 Prabumulih Barat Kota Prabumulih. Jenis Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif melalui pengamatan, wawancara dan telaah dokumen yang diperlukan dalam kegiataan penelitian. dari hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) strategi pemberdayaan sumber daya sekolah  yang dilakukan yaitu meningkatkan sumber daya manusia terutama guru dan siswa, peningkatan  sarana prasarana sekolah dalam menunjang kemajuan sekolah dan peningkatan mutu sekolah, dan 2) cara alternatif dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan meningkatkan mutu pendidikan guru dengan pendidikan S1, menambah jam mengajar bagi guru yang kurang jam mengajar, menambah sarana prasarana sekolah yang dibutuhkan dengan mengunakan dana BOS maupun dana DAK dan meningkatkan pembangunan pendidikan didaerah pinggiran Kota.  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

journalcahayapendidikan

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Mathematics Other

Description

Jurnal Cahaya Pendidikan (JCP) adalah media publikasi ilmiah di bidang ilmu pendidikan dan manajemen pendidikan secara umum. JCP bertujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian terkini atau inovasi baru di bidang pendidikan, dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pendidikan. ...