JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 4, No 2 (2018): JCP (Jurnal Cahaya Pendidikan) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

PEMAHAMAN RASA NASIONALISME MAHASISWA PENDIDKAN SEJARAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Fitri Yanti (Unknown)
Tri Jayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2019

Abstract

Atmosfir kesibukan mahasiswa dalam melakukan rutinitas kuliah dan bekerja serta latar belakang perbedaan atau keragaman suku, golongan, adat istiadat, agama dan budaya menjadikan keraguan akan adanya rasa nasionalisme yang memupuk persatuan kesatuan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman rasa nasionalisme mahasiswa pendidikan Sejarah di Universitas Riau Kepulauan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa pendidikan sejarah Universitas Riau kepulauan di Batam. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa semester II, semester IV dan semester V. Teknik analisis data dalam  penelitian kuantitatif menggunakan data  statistik. Hasil penelitian yang akan disajikan oleh peneliti berupa ujian asumsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa pendidikan sejarah yang mayoritas mahasiswanya adalah pekerja dari berbagai suku, agama dan budaya memiliki rasa dan jiwa nasionalisme yang tinggi. Mahasiswa pendidikan sejarah Universitas Riau Kepulauan memiliki rasa nasionalisme yang dilandaskan karena menyadari adanya perbedaan baik itu suku ataupun agama (sara) sebagai bangsa Indonesia. Kata Kunci: Nasionalisme, mahasiswa, pendidikan Sejarah

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

journalcahayapendidikan

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Mathematics Other

Description

Jurnal Cahaya Pendidikan (JCP) adalah media publikasi ilmiah di bidang ilmu pendidikan dan manajemen pendidikan secara umum. JCP bertujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian terkini atau inovasi baru di bidang pendidikan, dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pendidikan. ...