ABSTRAK- Penelitian Tindakan Kelas. TK Tat Twam Asi Sukoharjo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati tahun 2019 memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi anak dalam mengenal angka dan merangsang kemampuan mengidentifikasi jumlah dan simbol angka melalui media kartu angka serta mengetahui apakah kemampuan mengenal angka siswa kelompok B dapat meningkatkan melalui media kartu angka. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), Mills, Geofrey E, 2000; Schmuck, Richard A, 1997 dalam Tim PKP PG PAUD, 2008: 12, menjelaskan penelitian tindakan kelas (PTK) adalah proses penelitian yang sistematis terencana melalui tindakan perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri. PTK bertujuan untuk memperbaiki kinerja guru sehingga kualitas kegiatan pengembangan menjadi lebih meningkat. PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Tat Twam Asi Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati yang berjumlah 12 anak. Data diperoleh dengan dokumentasi, observasi dan portofolio. Analisis data digunakan analisis deskriptif prosentase. Kesimpulan bahwa kemampuan berhitung permulaan anak usia dini kelompok B di TK Tat Twam Asi Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati setelah menggunakan media permainan kartu angka terdapat peningkatan. Adapun hasil penelitian dapat diketahui dari pengamatan perkembangan Peningkatan terjadi disetiap siklus, dilihat dari perolehan skor berkembang sangat baik. Capaian penilaian bintang empat yang didapat dari siklus pertama sebesar 58,33%, siklus kedua sebesar 75%, siklus tiga sebesar 90,90%. Berdasarkan kesimpulan tersebut dapat di tuliskan saran yang perlu diperhatikan diantaranya guru dapat mengaplikasikan media permainan kartu angka ini menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini. Bagi peneliti selanjutnya harus bisa meneliti lebih mendalam mengenai kemampuan anak yang lainnya, yang dapat memberikan wawasan lebih dalam pendidikan anak usia dini.
Copyrights © 2021