Penelitian ini bertolak dari kenyataan rendahnya mutu proses pembelajaran pada kelas I sampai dengan VI SD Negeri Geritan Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Hal ini disebabkan adanya guru-guru kelas lebih berorientasi pada pencapaian target materi dan lebih mengejar target nilai tinggi pada ujian sekolah, sehingga cenderung mengabaikan mutu proses pembelajaran.Permasalahan tersebut diharapkan dapat diatasi melalui supervisi klinis dalam melaksanakan pengelolaan pengajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru kelas dalam pengelolaan pembelajaran di SD Negeri Geritan Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Metode penelitian ini adalah dengan penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dengan dua siklus.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan sebagai berikut 1). Kinerja guru dalam membuat perencanaan pembelajaran di SD Negeri Geritan Kecamatan Pati Kabupaten Pati semester II tahun pelajaran 2020/2021 mengalami kenaikan prosentase dari pengamatan awal 45,81% siklus I menjadi 60,67% dan siklus II menjadi 83,09% 2) Kinerja guru dalam proses pembelajaran berbasis digital (daring) di SD Negeri Geritan Kecamatan Pati Kabupaten Pati semester II tahun pelajaran 2020/2021 mengalami kenaikan prosentase yang signifikan dari pengamatan awal 46,95%, siklus I sebesar 65,42% dan siklus II sebesar 87,11%. 3) Kinerja guru dalam keseluruhan baik pembuatan perencanaan pembelajaran maupun proses pembelajaran berbasis digital (daring) di SD Negeri Geritan Kecamatan Pati Kabupaten Pati semester II tahun pelajaran 2020/2021 mengalami kenaikan prosentase yang signifikan dari pengamatan awal 46,38%, siklus I sebesar 63,04% dan siklus II sebesar 85,10%.
Copyrights © 2021