Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR)
Vol. 3 No. 1 (2022): February 2022

Internalisasi Pendidikan Agama Islam Humanis Religus Dalam Multi Kultural Agama Di SMP Negeri 36 Purworejo

Ansori, Yazid Al (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2022

Abstract

Dalam pembahasan di SMP Negeri 36 Purworejo, sekolah ini juga sudah banyak mendapatkan sebuah penghargaan besar dari berbagai lembaga karena selalu aktif berperan dan mengikuti informasi yang baik sekiranya siswa mampu mengikutinya. Di SMP Negeri 36 Purworejo banyak siswa yang berbeda agama, sehingga guru harus lebih fokus agar sekolah ini tetap terjunjung tinggi nama baiknya dengan sekolah yang lain, hal ini didapatkan dari hasil terjun di lapangan dan wawancara dengan guru di SMP Negeri 36 Purworejo dan siswa yang belajar di situ, sekaligus masyarakat di SMP Negeri 36, sebagian masyarakat SMP Negeri 36 mengatakan bahwa dalam sekolahan SMP Negeri 36 Purworejo banyak siswa yang berbeda agama, juga berbeda budaya. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui konsep humanis religius dalam pendidikan Islam Di SMP Negeri 36 Purworejo. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana konsep pendidikan Islam berbasis humanis religius Di SMP Negeri 36 Purworejo ? (2) Bagaimana relevansi humanis religius dalam konteks pendidikan Islam masa kini ? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang datanya diperoleh dari berbagai wawancara yang berhubungan dengan humanis religius dan wawancara secara langsung. Semua data penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Humanis religius merupakan suatu cara pandang agama yang menempatkan manusia sebagai manusia dan suatu usaha humanisasi ilmu-ilmu dengan penuh keimanan yang disertai hubungan manusia dengan Allah SWT dan sesama manusia atau hablun min Allah dan hablun min al-nas. Implementasi dalam pendidikan Islam menekankan aspek akal sehat, individualisme menuju kemandirian, semangat mencari ilmu, pendidikan pluralisme, lebih menekankan fungsi daripada simbol, dan keseimbangan antara pemberian penghargaan dan hukuman. (2) Dalam konteks pendidikan Islam masa kini, pendidikan Islam harus berorientasi pada pendidikan nondikotomik. Dengan tidak memisahkan dua dimensi ilmu yaitu ilmu agama dan ilmu umum. Lembaga pendidikan Islam bukan hanya mengajarkan ilmu agama saja tetapi juga mengajarkan ilmu-ilmu umum (sains dan teknologi). Dalam hal ini, lembaga pendidikan humanis di SMP Negeri 36 Purworejo merupakan salah satu bentuk implementasi dari pendidikan Islam nondikotomik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jiemar

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering

Description

The aim of JIEMAR ( Journal of Industrial Engineering & Management Research is to publish theoretical and empirical articles that are aimed to contrast and extend existing theories, and build new theories that contribute to advance our understanding of phenomena related with industrial engineering ...