Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 4, No 1 (2016): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK IV 2016

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING

Fatemah Rosma (Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Muhammadiyah Aceh)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2018

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Upaya Peningkatan Hasil belajar pada Materi Pencemaran Lingkungan melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada bulai Mei 2014 di MAN Model Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan model konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kontrol grup tes awal dan tes akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 240 siswa, sampelnya dipilih secara acak sebanyak 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan awal (pretes) dan tes kemampuan akhir (postes). Pengolahan data dilakukan dengan mencari gain ternormalisasi dan membandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan thitung 10,74 > ttabel 1,645. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...