Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 4, No 1 (2016): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK IV 2016

KEANEKARAGAMAN BURUNG DI KAWASAN PESISIR RINON PULO BREUH KABUPATEN ACEH BESAR

Mauiza Ridki (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Ulfira Ulfira (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Sultia Linika sari (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Samsul Kamal (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2018

Abstract

Penelitian tentang “Keanekaragaman Burung di Kawasan Pesisir Rinon Pulo Breuh Kabupaten Aceh Besar” bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman burung yang terdapat di pesisir Rinon Pulo Breuh Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai Juni 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode IPA (Index Point Abundence) dengan enam stasiun. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung pada objek penelitian. Pengamatan dilakukan pada pagi hari mulai dari pukul 06.45 s.d. 08.32 WIB selama 20 menit pada setiap stasiun. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah indeks keanekaragaman burung di kawasan pesisir Rinon Pulo Breuh. Hasil Penelitian diketahui bahwa indeks keanekaragaman burung di pesisir Rinon tergolong sedang yaitu 1,5095. Indeks keanekaragaman tertinggi terdapat pada stasiun 5 (1,6488), kemudian berturut-turut diikuti dengan stasiun 6 (1,4303), stasiun 2 dan 4 (1,4155), dan indeks keanekaragaman terendah terdapat pada stasiun 1 dan 3 (1,1810).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...