Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 6, No 1 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK VI 2018

MENINGKATKAN KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM BERDISKUSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING AND ANSWERING (RQA)

Mulyadi Mulyadi (Prodi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Erna Diana (Prodi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2019

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran sains hendaknya dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa ke arah yang lebih matang, bekerjasama, bersikap terbuka, percaya diri, memiliki keterampilan kerja, keterampilan komunikasi dan keterampilan sosial lainnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan mahasiswa dalam diskusi kelas melalui model pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA). Sampel penelitian adalah mahasiswa semester 4 Program studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode resitasi menggunakan model pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA). Mahasiswa diminta untuk membaca topik perkuliahan kemudian mengambil intisari dan menyusun pertanyaan yang substansial dari hasil bacaan tersebut. Materi yang ditugaskan adalah Bryophyta dan Pteridophyta. Keaktifan dalam diskusi kelas dinilai saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan rubrik diskusi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi dari tahapan-tahapaan yang telah dilaksanakan. Dengan demikian penerapan model Reading Questioning and Answering (RQA) dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi pada perkuliahan Botani Tumbuhan Rendah

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...