Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 6, No 1 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK VI 2018

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V MIN 38 ACEH BESAR

Yulia Wulandari (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Misbahul Jannah (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2019

Abstract

Seorang guru dituntut untuk kreatif dalam menyampaikan materi dengan menggunakan model-model yang bervariasi dan sesuai dengan materi yang akan ia sampaikan sehingga para siswa tidak merasa jenuh dengan perlakuan pembelajaran yang hanya begitu saja. Salah satu model yang bisa digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPA adalah model Project Bassed Learning. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam materi bencana alam melalui model PjBL di kelas V MIN 38 Aceh Besar (2) untuk mengetahui respon siswa pada materi bencana alam melalui model PjBL di kelas V MIN 38 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek siswa kelas V MIN 38 Aceh Besar tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 17 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Soal tes hasil belajar (2) Angket. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa(1) Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam materi bencana alam melalui model PjBL di kelas V MIN 38 Aceh Besar, dimana thitung> ttabel yaitu 3,993> 1,746. (2) Siswa memberikan respon yang positif pada materi bencana alam melalui model PjBL di kelas V MIN Aceh Besar. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bencana alam di kelas V MIN 38 Aceh Besar, juga respon yang positif diberikan oleh siswa pada materi bencana alam di kelas V MIN 38 Aceh Besar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...