Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 5, No 1 (2017): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK V 2017

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV MIN TUNGKOP ACEH BESAR

Reza Safitri (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) FTK UIN Ar-Raniry)
Misbahul Jannah (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) FTK UIN Ar-Raniry)
Sri Mutia (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) FTK UIN Ar-Raniry)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2018

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan proses membelajarkan peserta didik dalam mempelajari peristiwa yang terjadi di alam melalui serangkaian proses ilmiah sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pembelajaran IPA tersebut digunakan untuk mengembangkan potensi sikap, berpikir, berperilaku dan supaya dapat mengembangkan keterampilan dasar yang terdapat pada diri peserta didik. Peningkatan hasil belajar peserta didik sangat dipengaruhi oleh suatu model atau Pendekatan pembelajaran yang diterapkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Salah satu pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas peserta didik, serta hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek peserta didik kelas IV-4 MIN Tungkop Aceh Besar tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 37 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi (guru dan peserta didik) dan soal tes hasil belajar dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa aktivitas guru pada siklus I sebesar 72% berada pada katagori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85% (katagori sangat baik). Selanjutnya aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 69% berada pada katagori (baik) dan pada silkus II mengalami peningkatan sebesar 82% (katagori sangat baik). Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 64,86% berada pada kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 86% berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV MIN Tungkop Aceh Besar. Dengan demikian diharapkan agar penelitian selanjutnya dapat menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...