Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 6, No 1 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK VI 2018

JENIS BIVALVIA DI KAWASANEKOSISTEM MANGROVE KECAMATAN KUTARAJA KOTA BANDA ACEH

Zahratun Nayli (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Muhammad Ali Sarong (Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsyiah Banda Aceh)
Samsul Kamal (Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2019

Abstract

Bivalvia merupakan hewan bertubuh lunak dari Filum Moluska yang memiliki ukuran tubuh berkisar mulai 1 mm hingga 1 meter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis Bivalvia yang terdapatpada kawasan hutan mangrove Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan di kawasan ekosistem mangrove Kecamatan Kutaraja Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode survey eksplorative dengan mengkombinasikan dua metode transek yaitu metode transek garisdan transek kuadrat. Analisis data jenis spesies dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada ekosistem mangrove Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh terdapat 16 spesies Bivalvia yang terdiri dari 6 ordo, yaituOrdo Arcoida, Cardiida, Mytiloida, Ostreoida, Pterioida dan Veneroida. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa adalah terdapat 16 spesies yang terdiri dari 6 ordo dengan jumlah 310 individu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...