Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Vol 1 No 2 (2019): PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK

A Jusriana (UIN Alauddin Makassar)
Andi Sri Wahyuni (UIN Alauddin Makassar)
Muhammad Rappe (UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: Perbedaan pemahaman konsep antara peserta didik yang diajar dan tidak diajar dengan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.Desain yang digunakan yaitu The Matching Only Posttes Only Control Group Design yang mengggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Populasinya adalah semua peserta didik kelas X IPA SMAN 4 Gowa, sedangkan sampelnya yaitu Kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t2 sampel independen sehingga diperoleh thitung = 5,27 dan ttabel = 2,05 dari hasil analisis tersebut dapat dilihat bahwa th> tt sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian nya adalah terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dan tidak diajar dengan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing. Dengan kata lain, model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika peserta didik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

phy

Publisher

Subject

Astronomy Education Physics Other

Description

PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya diterbitkan oleh Universitas Sulawesi Barat. Terbit setiap 6 bulan (Oktobor dan ...