cover
Contact Name
Hardi Hamzah
Contact Email
hardi@unsulbar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
pend.fisika@unsulbar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
ISSN : -     EISSN : 26542641     DOI : 10.31605/phy
Core Subject : Science, Education,
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya diterbitkan oleh Universitas Sulawesi Barat. Terbit setiap 6 bulan (Oktobor dan April)
Articles 120 Documents
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN SIMULASI MACROMEDIA FLASH UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK mawardi jalil masri; Nur Aisyah Humairah; Dewi Sartika
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 1 No 1 (2018): PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.104 KB) | DOI: 10.31605/phy.v1i1.181

Abstract

The research was aimed to investigate (1) The large percentage of misconceptions before applied contextual approach with macromedia flash simulation in physics learning, (2) The large percentage of misconception after applied contextual approach with macromedia flash simulation in physics learning, (3) The significant difference before and after application contextual approach with simulation macromedia flash in physics learning. The type of research was used pre-experiment research with one-group-pretest-posttest design. Population in this research was all students of eleventh grade students of SMANegeri 1 Sendana. The sample was taken by purposive sampling technique, as many as 24 students. Data collection techniques was used multiple choice tests certainly of rensponse index (CRI). Data analysis techniques was used descriptive and inferential analysis. The results showed that (1) The percentage of misconceptions of learners before application contextual approach with macromedia flash simulation 60,16% with medium category, (2) The percentage of misconception learners after applied contextual approach with macromedia flash simulation 35,16% with very low category, (3) There was significant between misconception result before and after applcation contextual approach with macromedia flash simulation in physics learning. Keywords: Contextual approach, Macromedia flash, misconception, multiple choice CRI
PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS NATURE OF SCIENCE (NOS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK Purwoko Haryadi Santoso; Mutmainna Mutmainna
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 1 No 1 (2018): PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.89 KB) | DOI: 10.31605/phy.v1i1.209

Abstract

Pemahaman tentang NOS pada peserta didik tidak hanya bermanfaat terhadap kemampuan literasi peserta didik, tetapi juga dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik. Akan tetapi, masih kurangnya penelitian yang mendalam yang menganalisis hubungan antara pembelajaran NOS dengan hasil belajar fisika peserta didik. Artikel ini menyajikan suatu rencana penelitian yang berisi tentang kerangka teori, desain, dan metode penelitian untuk menguji apakah pembelajaran NOS dapat membantu peserta didik dalam konsep fisika yaitu usaha dan energi. Ada tiga kelas yang dirancang untuk menerima tiga jenis pembelajaran. Kelompok pertama menerima pembelajaran NOS yang tidak dikontekstualkan dan dilanjutkan dengan materi usaha dan energi. Sedangkan, kelompok kedua hanya menerima pembelajaran usaha dan energi tanpa melibatkan diskusi tentang NOS secara langsung. Kelompok ketiga menerima pembelajaran NOS terintegrasi dengan materi usaha dan energi. Setelah mengalami pembelajaran, peserta didik mengikuti pre- dan post-test tentang materi NOS dan usaha energi, serta peserta didik juga diwawancarai untuk menganalisis apakah dan bagaimana mereka menggunakan pemahaman tentang NOS untuk mempelajari fisika
PENGEMBANGAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL MODEL 4D PADA MATA KULIAH FISIKA Listia Utami; Amran Amiruddin
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 1 No 1 (2018): PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.096 KB) | DOI: 10.31605/phy.v1i1.212

Abstract

Berawal dari berbagai persoalan mahasiswa yang tidak memahami konsep dasar materi pada mata kuliah fisika terutama yang berkaitan dengan laboratorium sehingga mempengaruhi nilai pada mata kuliah fisika. Persoalan tidak tersedianya ruang dan peralatan laboratorium fisika di STMIK AKBA juga menjadi permasalahan, untuk mengajarkan konsep-kosep fisika yang bersifat abstrak diperlukan simulasi langsung untuk member pemahaman kepada mahasiswa. STMIK AKBA memiliki tiga laboratorium computer dengan spesifikasi yang memadai, dimana computer dapat membuat konsep-konsep yang abstrak menjadi konkret melalui media dengan visualisasi statis maupun dengan visualisasi dinamis (animasi). Selain itu, computer dapat membuat suatu konsep lebih menarik sehingga menambah motivasi untuk mempelajari dan memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan media laboratorium virtual memudahkan mahasiswa STMIK AKBA dalam mempelajari konsep-konsep dasar fisika sehingga memotivasi mahasiswa dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, menggunakan model pengembanganseperti yang dikembangkan oleh Thiagarajan yakni melalui 4D-Model (Define, Design, Develop, and Disseminate). Media tutorial untuk pembelajaran dibangun dengan menggunakan software Lectora, Multism, Microsoft Power Point 2010, Camtasia Studio 6.0, Adobe Photoshop CS4 dan Nero 8.0.. Penelitian ini berjenis kuantitatif, dimana media yang dihasilkan akan diuji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media. Melalui penelitian ini diharapkan dapat menciptakan suatu media pembelajaran berupa Laboratorium virtual yang dapat membantu mahasiswa memahami konsep-konsep dasar fisika.
PEMODELAN ANOMALI SELF-POTENTIAL GEOMETRI TETAP DAN INVERSI GLOBAL OPTIMASI VERY FAST SIMULATED ANNEALING Hardi Hamzah; Mohammad Heriyanto; Wahyu Srigutomo
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 1 No 1 (2018): PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.76 KB) | DOI: 10.31605/phy.v1i1.222

Abstract

Penelitian ini membahas interpretasi anomali self-potential (SP) berdasarkan asumsi model bergeometri sederhana yang tetap (fixed-geometry) berbentuk lempeng di bawah permukaan. Inversi anomali SP berupa data sintetik untuk mendapatkan parameter-parameter model lempeng dilakukan dengan menggunakan metode global optimasi Very Fast Simulated Annealing (VFSA). Nilai parameter model hasil inversi memiliki nilai yang hampir sama dengan nilai parameter model yang membangkitkan data sintetik. Hal ini mengindikasikan validasi dan efektivitas skema inversi yang dibuat untuk diterapkan pada anomali SP hasil pengukuran sesungguhnya di lapangan.
STRUKTUR MORFOLOGI DAN KOMPOSISI ATOM DALAM PADUAN Nd1(Fe)0,4Ba1,6Cu3O7-δ Nur Aisyah Humairah; Munawir Munawir
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 1 No 1 (2018): PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (607.66 KB) | DOI: 10.31605/phy.v1i1.229

Abstract

Bahan paduan oksida Nd1(Fe)0,4Ba1,6Cu3O7-δ yang dilakukan dengan menggunakan metode reaksi padatan dengan total lama pemanasan 18 jam. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui struktur kristal bahan paduan oksida Nd1(Fe)0,4Ba1,6Cu3O7-δ dengan karakterisasi XRD dan mengetahui morfologi serta perbandingan jumlah atom dengan karakterisasi SEM-EDAX. Bahan paduan oksida yang disintesis adalah Nd1(Fe)0,4Ba1,6Cu3O7-δ dengan menggunakan bahan dasar Nd2O3 99.99%; BaCO3 99.98%; CuO 99.99% dan Fe 99.99%, bahan dasar tersebut dicampur dan digerus selama 3 jam kemudian dikalsinasi selama 6 jam. Hasil kalsinasi digerus ulang selama 3 jam kemudian disintering selama 6 jam dan dilanjutkan dengan annealing selama 6 jam. Hasil karakterisasi XRD menunjukkan terbentuknya fasa Nd1(Fe)0,4Ba1,6Cu3O7-δ, selanjutnya hasil analisis rietveld dengan menggunakan aplikasi Rietika diperoleh niai Gof 1,497% dan hasil refinement menunjukkan struktur kristal dari fasa Nd1(Fe)0,4Ba1,6Cu3O7-δ adalah ortorombik dengan ukuran kristal dan FWHM yang diperoleh sebesar 6,2 Å dan 0,21 serta diperoleh konstanta kisi fasa Nd1(Fe)0,4Ba1,6Cu3O7-δ yaitu a = 3.9031Å, b = 3.9072Å dan c = 11.6790Å. Hasil SEM-EDAX menunjukkan bahan paduan oksida Nd1(Fe)0,4Ba1,6Cu3O7-δ berbentuk klaster-klaster dan perbandingan jumlah atom setelah sintesis yaitu Nd: Fe:Ba:Cu = 1: 0,22 : 1,51 : 2,88.
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMP Ittihad Makassar Irma Sakti
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 1 No 2 (2019): PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.502 KB) | DOI: 10.31605/phy.v1i2.278

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian quasi eksprimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis videoscribe terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Ittihad Makassar tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 3 kelas dengan sampel sebanyak 43 siswa yang masing-masing 22 siswa untuk kelas eksperimen dan 21 siswa untuk kelas kontrol yang diambil secara utuh melalui pengacakan kelas. Disain Penelitian yang digunakan adalah static group comparison. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar pemahaman konsep fisika yang memenuhi kriteria valid dengan reliabilitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar pemahaman konsep fisika siswa kelas kontrol sebesar 23,86 dan standar deviasi 4,81. Sedangkan skor rata-rata hasil belajar pemahaman konsep fisika siswa kelas eksperimen sebesar 27,55 dan standar deviasi 5,32. Hasil analisis inferensial yaitu pengujian hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara kelompok siswa menggunakan media pembelajaran berbasis videoscribe dengan kelompok siswa yang diajar secara konvensional terhadap pemahaman konsep fisika. Kata kunci: Videoscribe, Pemahaman Konsep Fisika
INTERPRETASI DATA VES GEOLISTRIK UNTUK IDENTIFIKASI AIR TANAH DI DAERAH BATUJAJAR, KABUPATEN BANDUNG JAWA BARAT Elfitra Desifatma; Prihandhanu M. Pratomo; Arizal Taufik
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 1 No 2 (2019): PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.307 KB) | DOI: 10.31605/phy.v1i2.348

Abstract

Hasil pengeboran pada lokasi penelitian memberikan informasi bahwa area tersebut tidak ditemukan lapisan yang mengandung air. Hal ini melandasi digunakannyametode VES (Vertical Electrical Sounding) untuk mendapatkan gambaran mengenai kondisi dan lapisan tanah berdasarkan variasi resistivitasnya. Pengukuran data lapangan menggunakan metode VES konfigurasi Schlumberger pada daerah Batujajar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Konfigurasi AB untuk semua konfigurasi adalah sama, perbedaannya di posisi MN saja. Akusisi lapangan dilakukan dengan mengambil empat titik pengukuran didasarkan pada lokasi pengeboran yang telah dilakukan sebelumnya. Tahap pengambilan data dimulai dengan mentransmisikan arus diantara dua elektroda arus (AB) dan diukur beda potensial antara elektroda potensial (MN). Dengan memvariasikan jarak elektroda ke titik selanjutnya setelah nilai potensial (DV) dan arus (I) didapat. Tahap penginjeksian dan pengukuran dilakukan sampai data bisa berhenti karena jumlah pseudosectionnya sudah terpenuhi dan selesai sesuai format akuisisi. Data lapangan selanjutnya diproses untuk mendapatkan model dengan metode inversi 1D. Hasil inversi berupa nilai resistivitas terhadap kedalaman. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai resistivitas perkedalaman dari semua titik sounding memiliki kecenderungan hasil yang sama. Rentang nilai resistivitas yang dihasilkan antara 4.92 Ώm sampai 37.45 Ώm, Interpretasi kedalaman maksimum 35 meter. Berdasarkan interpretasi model geologi, pada daerah penelitian tersebut tidak ditemukan adanya lapisan akuifer sampai kedalaman 30 meter dari permukaan karena terindikasi terdapat lapisan clay yang tebal dan lapisan limestone yang bukan merupakan lapisan penyimpan air.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK A Jusriana; Andi Sri Wahyuni; Muhammad Rappe
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 1 No 2 (2019): PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.106 KB) | DOI: 10.31605/phy.v1i2.349

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: Perbedaan pemahaman konsep antara peserta didik yang diajar dan tidak diajar dengan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.Desain yang digunakan yaitu The Matching Only Posttes Only Control Group Design yang mengggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Populasinya adalah semua peserta didik kelas X IPA SMAN 4 Gowa, sedangkan sampelnya yaitu Kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t2 sampel independen sehingga diperoleh thitung = 5,27 dan ttabel = 2,05 dari hasil analisis tersebut dapat dilihat bahwa th> tt sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian nya adalah terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dan tidak diajar dengan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing. Dengan kata lain, model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika peserta didik.
PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA PADA KONSEP ALAT OPTIK Heny Ekawati Haryono; Suci Prihatiningtyas
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 2 No 1 (2019): PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.434 KB) | DOI: 10.31605/phy.v1i2.620

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode quantum learning berbasis terhadap hasil belajar fisika siswa SMA pada konsep alat optik. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Lamongan. Metode penelitian digunakan adalah metode eksperimen kuasi (quasi experiment research) atau eksperimen semu. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah non equivalent control group design, dimana dalam rancangan ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penentuan sampel dalam penelitian ini berdasarkan Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes berupa tes objektif pilihan ganda yang terdiri dari 25 butir soal dan instrument nontest berupa lembar observasi aktivitas. Teknik analisis yang digunakan adalah uji “t”. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode quantum learning terhadap hasil belajar fisika siswa SMA pada konsep alat optik.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MULTIMEDIA INTELLIGENT TUTORING SYSTEM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF Dini Andriani
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 2 No 2 (2020): PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.241 KB) | DOI: 10.31605/phy.v2i2.703

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model kooperatif berbantuan multimedia pembelajaran berbasis Intelligent Tutoring System (ITS) dibandingkan dengan model kooperatif tanpa bantuan multimedia pembelajaran berbasis Intelligent Tutoring System (ITS). Penelitian ini menggunakan desain penelitian kelompok kontrol ekivalen. Pada desain penelitian ini subjek dikelompokan secara acak. Sampel dalam penelitian ini diambil dari dua kelas salah satu Sekolah Menengah Atas dengan jumlah masing-masing siswa 42 dan 43 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor rata-rata gain yang dinormalisasi <g> pada kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan model kooperatif berbantuan multimedia berbasis ITS sebesar 0,69. Sedangkan skor rata-rata gain yang dinormalisasi <g> pada kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan model kooperatif tanpa bantuan multimedia pembelajaran berbasis ITS sebesar 0,35. Meskipun, kriteria gain yang dinormalisasi <g> untuk kedua kelas masuk dalam kriteria sedang, namun berdasarkan uji beda rata-rata, pada taraf kepercayaan 95% (signifikansi 0,05) hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif berbantuan multimedia berbasis ITS secara signifikan dapat lebih meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tanpa bantuan multimedia ITS.

Page 1 of 12 | Total Record : 120