Renjana Pendidikan Dasar
Vol 1 No 4 (2021): Edisi November 2021

ANALISIS PENGGUNAAN KAIDAH KEBAHASAAN DALAM TEKS NARASI SISWA KELAS V

Raudatul Jannah (Universitas Mataram)
Ida Bagus Kade Gunayasa (Universitas Mataram)
Muhammad Tahir (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kaidah kebahasaan dalam teks narasi siswa kelas V SDN 44 Ampenan tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Data dalam penelitian ini berupa teks narasi karya-karya siswa kelas V.Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata siswa sudah menerapkan penggunaan kaidah kebahasaan, tanda baca dan ejaan dalam menulis teks narasi. Pada aspek penggunaan kaidah kebahasaan, sebagian besar siswa sudah mampu menerapkan penggunaanya dengan baik, sehingga memperoleh persentase sebesar 61%, pada aspek penggunaan tanda baca, sebagian besar siswa sudah mampu menerapkan penggunaannya dengan baik, sehingga memperoleh persentase sebesar 68%, dan pada aspek penggunaan ejaan, sebagian besar siswa sudah sangat baik menerapkan penggunaanya, sehingga memperoleh persentase sebesar 94,5%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...